Budidaya Tebu

Budidaya Tebu

Balittas


TANAH, NUTRISI, DAN PEMUPUKAN PADA TEBU

Dalam dua dasa warsa terakhir, sebagai akibat persaingan dengan tanaman pangan, penanaman tebu bergeser dari lahan sawah ke lahan tegalan (kering). Akibatnya, luas areal lahan kering meningkat cukup tajam ditambah setelah beroperasinya pabrik gula di luar Jawa yang menggunakan lahan kering/ tegalan (Suhadi et al. 1988). Hal ini karena lahan kering umumnya kurang su-bur. Pergeseran lahan tebu ke lahan kering memberikan konsekuensi terhadap penurunan produktivitas tebu. Hasil tebu lahan kering setara dengan 0,5 hingga 0,7 kali tebu sawah (Toharisman et al. 1991). Ini berarti untuk meng-gantikan satu satuan luasan sawah diperlukan sekitar 1,5 hingga 2 kali luasan lahan kering.

Penulis : Fitriningdiyah

File selengkapnya mengenai TANAH, NUTRISI, DAN PEMUPUKAN PADA TEBU dapat di unduh Di sini



Bagikan  

Persyaratan Iklim dan Tanah untuk Tanaman Tebu

Secara umum lahan yang sesuai untuk tebu antara lain tipe iklim C dan D (Oldeman), topografi datar sampai berlereng landai (lereng <15%) dan me- miliki kedalaman tanah cukup dalam (>1m) (Djaenudin et al. 2003 dan Mul- yadi et al. 2009). Menurut Indrawanto et al. (2010), tanaman tebu tumbuh baik pada kondisi iklim tropis dan sub tropis dengan kondisi tanah yang tidak terlalu lembab dan tidak terlalu kering. Pertumbuhan tanaman tebu dipenga-ruhi juga oleh kondisi tanah, curah hujan, suhu, kelerengan dan pH.

Penulis : Fitriningdiyah

File selengkapnya mengenai Persyaratan Iklim dan Tanah untuk Tanaman Tebu dapat di unduh Di sini



Bagikan  

Peranan Enzim Invertase dalam Kandungan Gula Tanaman Tebu

Tebu Sukrosa adalah hasil terpenting dari proses fotosintesa, yang ditransportasikan dari daun ke seluruh organ tanaman. Sukrosa disimpan ataupun dibongkar menjadi glukosa dan fruktosa yang berperan sebagai sumber energi dalam sintesa berbagai komponen dari sel-sel hidup. Translokasi sukrosa berjalan lebih cepat dalam pengaruh suhu rendah. Akumulasi sukrosa adalah proses yang berkelanjutan antara pembongkaran dan sintesa sukrosa (Whittaker dan Botha 1997). Pada Gambar 3 disajikan peranan enzim invertase dalam sintesa dan pembongkaran sukrosa.

Penulis : Emy S.

File selengkapnya mengenai Peranan Enzim Invertase dalam Kandungan Gula Tanaman Tebu dapat di unduh Di sini



Bagikan  
×


Balittas